Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel 5/5 (4)

Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel

Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel – Resistor adalah sebuah komponen yang berfungsi memberikan hambatan pada arus listrik, nilai hambatannya pun bervariasi dari mulai hambatan rendah dan hambatan tinggi. Nilai hambatan pada resistor pun dapat dihitung menggunakan warna-warna yang tertera dalam badan resistor (Lengkapnya Baca : Menghitung Hambatan Kode Warna Resistor). Namun bagaimana ketika ada dua resistor atau lebih yang dihubungkan secara seri ataupun paralel? Nah disini kami akan mengulas cara mendapatkan resistansi setara atau resistansi pengganti pada rangkaian tersebut. Lebih lengkapnya silakan simak ulasan kami berikut ini. Ini dia.

Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel

Cara menghitung resistor seri maupun paralel memerlukan rumus. Meskipun begitu, keduanya memiliki perbedaan dalam perhitungannya karena rangkaiannya pun berbeda. Ulasan ini memberikan contoh penyelesaian menggunakan tiga resistor, untuk resistor dengan jumlah yang lebih banyak tinggal masukkan rumus saja.

Hambatan Resistor Seri

Hambatan Resistor Seri

Gambar diatas adalah rumus resistor seri. Resistor seri biasanya lebih mudah untuk menghitung resistansi totalnya karena hanya dengan cara dijumlahkan kesemua resistornya. Berapapun banyaknya resistor yang dipasang seri, maka kesemuanya pun tinggal dijumlahkan untuk didapatkan R totalnya.

Hambatan Resistor Seri

Seperti pada contoh diatas, jika ada resistor 100 Ohm, 200 Ohm dan 300 Ohm dirangkai seri semua, maka anda tinggal menjumlahkannya untuk dijadikan R total. R total = 100 + 200 + 300 = 600 Ohm. Merangkai resistor seri sangat berguna jika anda membutuhkan resistor bernilai 600 ohm namun tidak tersedia dipasaran, maka anda hanya perlu merangkai seri resistor-resistor seperti diatas untuk menggantikannya. Itulah contoh perhitungan pada rangkaian resistor yang dirangkai seri, lalu bagaimana jika resistor dirangkai paralel? Simak ulasannya berikut ini.

Hambatan Resistor Paralel

Hambatan Resistor Paralel

Resistor yang dirangkai dengan paralel akan berbeda lagi cara menghitungnya. Caranya haruslah dengan mempergunakan rumusĀ  1/R Total = 1/R4 + 1/R5 + 1/R6…. dst. Sudah jelas dengan rumus diatas? Bila belum jelas, maka kita coba dengan menyelesaikan soal dibawah ini.

Soal Hambatan Resistor Paralel

Berapa R pengganti atau R total untuk rangkaian resistor paralel diatas? Simak penyelesaiannya dibawah ini :

=

Nah itulah contoh penyelesaian untuk rangkaian resistor paralel. Walaupun tidak sesederhana penyelesaian pada rangkaian resistor seri, penyelesaian ini tetap tidak sulit bukan? Itulah ulasan mengenai cara menghitung hambatan resistor seri & resistor paralel, semoga bermanfaat.

Rating :

Artikel Terkait Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel :

Komentar Tentang Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *