Rangkaian Flip-Flop IC 555 Sederhana 5/5 (4)

Rangkaian Flip-Flop IC 555 Sederhana

Rangkaian Flip-Flop IC 555 – Rangkaian flip-flop adalah sebuah rangkaian elektronika yang digunakan untuk membuat lampu berkedip atau berkelap-kelip secara bergantian. Semisal ada dua buah lampu yang menyala bergantian, masing-masing menyala dan mati pada waktu tertentu. Lampu flip-flop mempunyai banyak sekali fungsi, salah satunya adalah untuk tanda hati-hati, tanda ini biasanya terpasang pada lampu dipinggir jalan yang biasanya berwarna kuning.

Membuat rangkaian flip-flop tidaklah sulit dan rumit. Justru rangkaian ini adalah rangkaian elektronik yang begitu sederhana karena hanya membutuhkan sedikit sekali menggunakan komponen elektronika. Komponennya pun sangat mudah sekali didapatkan ditoko elektronika. Ada dua buah rangkaian flip-flop sederhana, yaitu dengan menggunakan dua buah transistor dan selain itu ada juga yang menggunakan IC (integrated circuit). IC yang dipakai adalah IC dengan tipe NE 555 (sering disebut IC 555 saja). IC ini juga dapat dengan mudah didapatkan di toko, komponen lainnya adalah berupa resistor dan kapasitor juga mudah didapatkan. Kali ini kami bukan menyajian flip-flop yang menggunakan transistor, melainkan rangkaian flip-flop IC 555. Silakan lihat gambar dibawah ini.

Rangkaian Flip-Flop IC 555 Sederhana

Rangkaian Flip-Flop IC 555

Gambar diatas adalah skema rangkaian flip-flop IC 555 yang sederhana. IC ini sebenarnya adalah sebuah IC pewaktu yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pada keperluan pembangkit lampu flip-flop ini. IC 555 juga dapat digunakan untuk menghasilkan frekuensi gelombang kotak.

Baca Juga :
Skema OCL 150 Watt
Rangkaian Lampu Flip-Flop Sederhana 12 volt

Karena ini adalah IC pewaktu, maka anda dapat mengubah-ubah jeda hidup mati pada lampu flip-flop dengan mengubah-ubah ukuran kapasitor dan resistor sebelah kiri (diatas bernilai 47k). Anda pun dapat mengganti resistor 47k dengan variabel resistor agar bisa mengatur waktu jeda lampu dengan lebih mudah dan praktis. Sederhana sekali bukan?

Rangkaian diatas dapat anda operasikan menggunakan catu daya tegangan DC 6 hingga 12 volt. Lampu menggunakan lampu LED, kapasitor 10uF dan resistor 47k tidaklah fix dan anda dapat mengubah nilainya sesuai dengan selera anda karena kedua komponen tersebut akan menentukan lama tidaknya flip-flop berkedip. Anda dapat bereksperimen sendiri dalam membuat rangkaian flip-flop IC 555 diatas, selamat mencoba.

Rating :

Artikel Terkait Rangkaian Flip-Flop IC 555 Sederhana :

Komentar Tentang Rangkaian Flip-Flop IC 555 Sederhana :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0