Cara Mudah Menghitung Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel 5/5 (10)

Cara Mudah Menghitung Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel

Inilah cara mudah menghitung rangkaian kapasitor seri dan paralel menggunakan rumus. Kami juga menyediakan contoh soal penyelesaian untuk latihan menghitungnya. Komponen kapasitor mempunyai nilai kapasitas yang dinyatakan ke dalam satuan Farad dan juga mempunyai batas tegangan keja maksimalnya. Dalam mendesain sebuah rangkaian, kadang-kadang kita memerlukan nilai kapasitor yang tidak tersedia dipasaran. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menghubungkan kapasitor seri ataupun paralel agar di dapat nilai kapasitor yang diinginkan.

Permasalahan batas tegangan kerja kapasitor juga bisa diakali dengan merangkai seri agar didapat tegangan kerja yang lebih besar. Rangkaian seri kapasitor akan membagi tegangan total secara merata kepada tiap-tiap kapasitor. Sebagai contoh jika kita memerlukan tegangan kerja kapasitor yang minimal 170 volt maka anda bisa menghubungkan dua buah kapasitor dengan tegangan kerja masing-masing 100 volt agar didapat tegangan kerja total 200 volt, tegangan kerja kapasitor ini sudah cukup untuk dioperasikan pada 170 volt. Namun kapasitas kapasitor tentu akan berubah.

Jika anda sudah pernah mengetahui rumus menghitung rangkaian resistor seri dan paralel maka rumus menghitung kapasitor seri dan paralel merupakan kebalikannya. Ini karena arus listrik berbanding terbalik terhadap resistansi maka perhitungannya pun juga berbanding terbalik. Yuk kita simak rumus kapasitor seri dan paralel dibawah ini.

Rumus Rangkaian Kapasitor Seri dan paralel

Rumus Rangkaian Kapasitor Seri

Rangkaian seri kapasitor merupakan hubungan dua buak kapasitor atau lebih yang dirangkai seri atau sejajar. Perhitungan rangkaian kapasitor seri ini mirip dengan perhitungan resistor yang dihubungkan secara paralel. Silakan lihat rumusnya dibawah ini.

Kapasitor Seri dan Paralel - Rangkaian Seri

Contoh Soal Rangkaian Kapasitor Seri

Bila ada tiga buah kapasitor masing-masing mempunyai kapasitas sebesar 10uF, 20uF dan 5uF dirangkai secara seri. Berapakah nilai kapasitas kapasitor totalnya?

Jawab :

Rumus Rangkaian Kapasitor Paralel

Rangkaian kapasitor paralel merupakan rangkaian dua buah kapasitor atau lebih yang dihubungkan secara deret atau paralel. Rumus menentukan kapasitas total kapasitornya sangat mudah, cukup menjumlahkan semua kapasitas kapasitor yang dihubungkan secara paralel. Ini mirip dengan rumus resistor seri. Silakan lihat rumusnya berikut ini.

Kapasitor Seri dan Paralel - Rangkaian Paralel

Contoh Soal Rangkaian Kapasitor Paralel

Jika ada tiga kapasitor dihubungkan secara paralel, masing-masing kapasitasnya adalah 20uF, 7uF dan 9uF. Berapakah kapasitas total kapasitornya?

Jawab :

C total = C1 + C2 + C3 +…+ Cn
C total = 20 + 7 + 9
C total = 36uF

Baca Juga : Cara Menghitung Hambatan Resistor Seri & Resistor Paralel

Mudah sekali bukan cara diatas? Rumus susunan kapasitor seri dan paralel memanglah berbanding terbalik dengan rumus susunan resistor. Rumus kapasitor seri mirip dengan rumus resistor paralel sedangkan rumus kapasitor paralel mirip dengan rumus resistor seri. Jangan sampai terbalik ya. Demikianlah ulasan kami mengenai rumus penyelesaian kapasitas kapasitor seri dan paralel, semoga bermanfaat.

Rating :

Artikel Terkait Cara Mudah Menghitung Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel :

Komentar Tentang Cara Mudah Menghitung Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *