Skema OCL 150 Watt & Penjelasannya 5/5 (2)

Skema OCL 150 Watt & Penjelasannya

Halaman ini akan membahas mengenai skema OCL 150 watt. OCL merupakan singkatan dari Output Capacitor Less yang artinya perangkat tanpa kapasitor atau elco pada bagian output, dan memang benar perangkat OCL adalah salah satu tipe amplifier yang tidak menggunakan kapasitor pada bagian output. Banyak sekali kelebihan amplifier OCL jika dibanding penguat lainnya. Salah satu kelebihannya adalah suaranya yang lebih ‘nendang’ karena wattnya yang besar dan bisa dibuat lebih besar lagi dengan menggunakan tambahan transistor, ini salah satu kelebihan yang tidak dipunyai oleh amplifier yang menggunakan IC (Integrated Circuit). Mungkin itu yang menjadikan tipe amplifier ini begitu populer dikalangan pecinta elektronika dan sound sistem.

Skema OCL 150 Watt - Kit

Skema OCL 150 watt bukanlah skema yang rumit. Gambar diatas adalah contoh kit OCL 150 watt, cukup simpel bukan? Power yang keluar dari amplifier OCL ini adalah bergantung pada trafo yang digunakan, berapa ampere dan berapa volt. Kemudian juga bergantung pada banyaknya transistor final yang digunakan. Transistor yang digunakan biasanya sepasang transistor NPN dan juga PNP.

Skema OCL 150 Watt

Sebelum mengerti skema OCL 150 watt secara lengkap, mari kita lihat skema yang simpel terlebih dahulu agar dapat mengerti. Silakan lihat skema rangkaian dibawah ini :

Skema OCL 150 Watt - Prinsip

Gambar diatas merupakan prinsip dasar OCL. Pada dasarnya OCL adalah sebuah penguat transistor dengan kelas AB. Ada dua transistor final yang menopang aliran arus outputnya. Dengan sistem pushpull, kedua transistor final tersebut saling bekerja bergantian. Transistor NPN akan aktif ketika pin basis dapat positif sedangkan transistor PNP akan aktif saat pin basis dapat negatif sehingga ketika T1 mengalirkan arus maka T2 cenderung berhenti dan saat T2 mengalirkan arus maka T1 berhenti (analogi pushpull), sehingga output dapat berayun. Tentunya berayun selaras dengan input isyarat. Mari lihat skema OCL pada gambar dibawah ini.

Skema OCL 150 Watt

Skema OCL diatas merupakan pengembangan dari prinsip-prinsip yang dipakai pada rangkaian pushpull pada gambar sebelumnya. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah diperlukan rangkaian power supply simetris. Seperti pada gambar diatas, rangkaian tersebut memerlukan tegangan positif 42 volt dan negatif 42 volt. Rangkaian power supply simetris seperti pada gambar berikut ini.

Skema Power Supply OCL 150 Watt

Gambar diatas adalah salah satu contoh skema power supply simetris untuk catu daya OCL. Tegangan boleh anda sesuaikan dengan kebutuhan OCL anda.

Amplifier OCL tetap bisa digunakan walau tanpa disertai tone control, anda hanya perlu memasang potensiometer pada bagian input untuk dijadikan volume. Pin kiri dihubungkan ke ground, pin tengah dapat input OCL dan pin kanan dihubungkan ke sumber isyarat/sinyal yang ingin dikuatkan. Namun memang lebih baik memakai tone control agar suara bisa lebih baik. Sekian ulasan tentang skema OCL 150 watt ini, semoga bermanfaat.

Rating :

Artikel Terkait Skema OCL 150 Watt & Penjelasannya :

Komentar Tentang Skema OCL 150 Watt & Penjelasannya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *